Cara Mengatasi Error B200 Printer IP2770


Error Printer sangat sering melanda printer kita. Pengalaman bagi saya, saat printer Error dan sudah tidak dapat diperbaiki lagi melalui software, jadi harus di service, saya lebih memilih untuk membeli printer baru dibanding harus memperbaiki printer yang macet. Biaya service sekarang mahal. Bahkan melebihi harga printer baru. Jadi, daripada makin banyak duit yang keluar, mending saya beli printer baru.

Printer yang rusak ini, saya jadikan bahan percobaan untuk belajar service sendiri. Saya browsing di Internet dan menemukan beberapa solusi mengenai printer yang mengalami error bermacam macam.

Tapi pada postingan kali ini, saya akan membahas salah satu Error printer yang paling sering terjadi di Printer Canon IP series. Khususnya Printer Canon IP2770. Yakni Eror B200

Untuk mengatasi kasus ini, diperlukan satu tool yang akan digunakan untuk memperbaikinya. Yaitu Service Tool Printer IP2770 yang bisa kalian dapatkan secara gratis disini

Ikuti langkah berikut ini :
1. Printer nyala dalam keadaan masih blinking (Lampu Orange dan Hijau berkedip bergantian)
2. Matikan printer. Jangan cabut kabel power
3. Tekan tombol Resume (yang lampu Orange) selama 2-5 detik
4. Tekan tombol Power tanpa melepas tombol Resume
5. Tekan tombol Resume sebanyak 5 kali.
6. Lampu Orange dan Hijau tidak blinking lagi

Selanjutnya, jalankan program Service Tool
1. Extract filenya terlebih dahulu
2. Buka program Service Toolnya
3. Siapkan kertas di printer
4. Pada program Service Tool, klik MAIN. Printer akan mencetak 1 halaman


5. Setelah itu klik EEPROM Clear
6. Kemudian klik EEPROM. Printer akan mencetak hasil reset printer. Hasil printer seperti gambar di bawah

7. Matikan printer. Lalu hidupkan kembali seperti biasa.

Sampai disini, printer akan normal kembali.

Tapi jika error masih muncul, ulangi saja dari pertama. Jadi harus teliti. Jangan sampai langkahnya ketukar.
Ulangi sampai test Print terakhir tercetak seperti "TPAGE (TTL=00000)" Seperti gambar di atas.

Sekian dari saya. Wassalam!

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi Error B200 Printer IP2770"

Posting Komentar